09 maret 2014


Kembali lagi nge wordpress,,hihihii….
lama juga nih gak buka wordpress gue, kangennnn sama tulisan2 gue yg gak bgitu yaaa gimana ya, tulisan ini hanya sebagai tempat curahan hati gue sih,,,heem

gimana ya cara memulainya , aku juga bingung nih???? wkwkwkkwkwwkkk hhahahhaa, aq aja bingung gimana para pembaca ya???

ya , ini adalah hidup gue, saat ini kuliahku sudah smester genap alias semester 6, itu artinya perjuangan untuk meraihhh itu tinggal setahun lagi…apa kah aq mampu nanti??? heeemmm pasti la ya, semoga saja,tapi kadang galau juga nih broo, apa bisa nanti, YA ALLAH semoga saja aq bisa meraih gelar itu, amin

Kerja


hmm, siang ini aku merasa tak ingin bekerja lagi disini, sungguh menyebalkan, sungguh membuat aku gak nyaman dengan suasananya, sungguh membuatku terpuruk, sampai kapan aku seperti ini, mgkin hanya TUHAN yang tau baaimana aku mengakhiri pekerjaan ini,

25 Desember 2012 tepat pukul 00.30 dini hari


Berawal dari perayaan natal oleh temanku yg bernamma Adel, aku meminta supaya aku menonton dvd di kamar kost nya, sewaktu dia ibadah di gereja, dan sepulang gereja kami pun pergi ke merdeka walk utk makan karna dia yang traktir,,,,setelah makan di merdeka walk di salah satu restoran yaitu Restoran Nelayan, kami pun berniat untuk menempel ban speda motor karna sebelum tiba di tujuan speda motor kami pecah….

kami berfoto – foto di tengah jalan, ada sekitar 30 menit kami berfoto dgn bnyak gaya, sampai akhirnya hp bb dia aq yang pegang untuk mengambil fotonya,,,,tiba tiba dari belakangku 2 org laki2 bersepeda motor mengambil / merampas hp bb ditanganku, dan akupun kaget, karna baru pertama kali itu dicopet,,,wajahku pucat pasih, hampir tak bisa berkata2, bibirku bagaikan terkunci saat itu, aku bingung, knpa bisa jadi sperti ini….hikss..hiks…aku merasa bersalah, smuanya apes…sejak saat itu aku tidak ada mengeluarkan sepatah katapun sama dia, dan ntah mengapa bibirku terkunci rapat2 , rak bisa ngomong, dan seharian itupun dilalui dgn mulut tertutup, tak bicara, seakan keluh lidah ini untuk berkata,,masih sangattt trauma dengan kejadian itu….sungguh aq gak bisa berkata2…Ini pelajaran buatku….semoga pelajaran ini membawa berkah untuk kedepannya, walaupun persahabatan kami udh putus…..aku harap kamu dapat teman yg lebih baik dari aku adel,,,

Cerita mama pagi ini ( 19 Desember 2012 )


Pagi – pagi setelah masak sayur dan ikan aku menelpon mama, aku tanya kabar dan di berucap baik baik saja…hmmmm sebenarnya dia hanya menyampaikan bahwa dia ada foto selagi di pesta dan foto ini diambil oleh bg dolly, kebetulan aku panggil bou kpd mamanya bg dolly, “iya ma, nanti aku minta”. setelah itu dia crita kalau tadi malam itu mreka gak ada makn malam, hmmmmm uang mama hilang di dompet 10rb, jadi gak bis beli beras, aku merasa terharu mendengar ucapan mamaku tadi pagi. 10rb itu hnya sekali beli makananku disini , utk jajanku, tapi mamaku disana…begitu berartinya uang 10rb dimatanya…hiks, merasa kalau aku ini anak yg gak bisa bantu org tua…tapi aq heran lah, didalam rumahku itu ada papa, mama, kakak ke-2, abgku yg no 3 dan istri anaknya, abgku no 4, dan 2 adik laki2ku yg paling kecil, kalau dihitung2 mreka ada 8 org dirumah itu, tapi kenapa sampai gak bisa makan malam ya??? hehehhee…..parah ya keadaan keluargaku ini, pernah suatu kali aku pulang kerumah, melihat keadaan keluargaku aku gak sanggub,,,,aku ingin membantu tapi apa daya saya juga belum mamppu……aku sedih ketika sarapan pagi kami jam 11 siang, dan beli beras pun harus tiap hari…..dan uang 1.000 pun sangat berguna disana…

mamaku punya pekerjaan sampingan yaitu memecahkan kemiri, tau kan kemiri??? kulitnya kasar dan isinya warna putih, digunakan utk obat bsa, dan untuk menggurihkan makanan juga bisa, kemiri ini harus dikeringkan terlebih dahulu utk beberapa hari sampai benar2 kulitnya bagaikan iringan music jika dijemur dibawah matahari…setelah itu kemiri ini direndam spt merendam kain kotor…hhehhe,,,setelah itu kemiri ini pun dipukul pakai alat yg terbuat dari sandal karet / sandal jeang….dan kulitnya akan terkelupas,,,smua itu dilakukan mamaku setiap hari, dan gaji yg dia trima juga gak pantas dgn ap yg dikerjakannya, sungguh sangat sangat melelahkan untuk seorang ibu spt dia, gaji yg diterima paling tinggi 50.000/ minggu atau 30.000/minggu…sungguh itu membuat hatiku tersayat2….

mama, aku bangga padamu, engkau adalah pahlawan dirumah kita, engkau bekerja keras untuk kami smua, walaupun kamu sudah tua, kamu selalu berjuang…trima kasih mama, semoga kelak aku bisa membahagiakanmu suatu hari nanti…amin.

love u mama, love u papa, love u all my family……….^___^

It’s about my family


aku punya kakak 2, punya abg laki laki 2, dan punya adik laki laki 2 org juga.  kakakku yg paling besar sudah menikah dan memiliki 2 org anak, abngku yg paling besar juga sudah menikah dan memiiki seorang anak laki laki. diantara anak anak orgtua kami, hanya 2 org lagi yg masih sekolah, yaitu adik adikku. mreka masih SMP,

minggu, 9 desember 2012, aku pulang kesiantar, aku sangat sedih melihat keadaan keluargaku, semakin besar semakin gak bisa melepaskan diri masing masing, semua bergantung pada orgtua, sedih….sedih.

teringat pada suatu mlm, tempat kost yg mau aku tempati ternyata sudah ada yg bayar lebih dulu, aku sgt kecewa dgn temanku itu, tapi aq orgnya gak tipe pendendam,,,jadi ya besoknya sudah lupa, betapa malam itu aq sangatttt streesss memikirkan dimana aku akan tinggal, secara waktuku juga gak banyak untuk mencari tempat dalam waktu singkat, sms teman2 yg kira2 agak tau urusan kost kostan…malam itu, aq sms teman 1 kampung supaya dia nyarikan aku tempatnya, ternyata dia sedang berada disiantar dan dia tidak punya uang untuk pulang emedan, yaaa aku blg kpdanya minta aja uang sama mamaku 50rb dtg lah kau besok, ternyata uang mamaku tak ada, bahkan 20 rb aja pun gak ada, dikantor, aku nangis, merasakan pedihnya kehisupan ini, tak berhentinya memikirkan solusi yg dicari, aku terdiam, aku mencoba berusaha walaupun hati dan pikiran sedang kalut, aku mencoba contact teman2 yg tau,,,tapi tak 1 pun membuahkan hasil,,,sorepun datang, dan akupun semakin bingung hendak kemana, barang2ku sudah disuruh ambil oleh temanku ( hatiku hancur saat dia blg bawa smua barang2ku, kejam…sungguh kejam kata2 itu), right, aku pun pergi mengambil brg2ku kerumahnya, entah mengapa hati kecilku berkata aku harus melewati jalur belakang (bkn dr blakng rmh), dan akhirnya aku putar arah speda motorku lwt jalur belkang, sebelum tiba di pasar besar, aku ketemu temanku di gang, aku pun minta tolong sama dia supaya dicariin tmpat kost utk q, sebenarnya dia agak berat tapi mgkin dia melihat aku membawa tas yg seabrek gedenya, akhirnya dia menghubungi temannya, lama sudah kami muter2 gang, nungguin temannnya krna dia emang udh janjan sama temannya sebelum dia ketemu sama aku. dan akhirnya kami pun mencarinya, awlanya dibelakang kampus, orgnya tidak ada ditempat, kami pun pergi ke tempat lain, dan dgn polosnya kamipun bertanya kpad org2 setempat masih ada kamar kosong, dan ternyata masih ada, kami bertemu dgn yg punya kost kost-an, dan setelah diperlihatkan kamarnya, aku sgt suka, dan menurutku tempatnya nyaman…dan akupun mengiyakan kalau aku akan ngekost disana. selesai, kami pun pulang, aku berterimah kasih bgt sama temanku itu. makasih angga udah membantu, tak ada yg bisa aku berikan yg special terhadapmu, kalau kamu butuh bantuan aku siap membantumu…:) 🙂

malamnya aku pun tidur ditempat teman, dan sabtunya balik kerumah, minggunya pindah kost…banyak kenangan2n yg tertinggal disana. yg akan aku kenang selama lamanyya,,,miss u kk,,,,,,,,,iam reallly so sorry to you,

 

I love u my sista, you are everything,,,kamu membuat aku bnyak belajar akan hal, trimakasih ya kk

Medan, 25 Desember 2010


Berawal dari keinginan yang hanya ingin mengambil ijazah ke kantor pusat yaitu PT.GRAHA TOUR AND TRAVEL yang berada di jalan CikDitiro, aku berangkat pagi pagi dari siantar, dan tiba siang hari di medan , menyetop becak agar aku diantar ketempat tujuanku yaitu CikDitiro. setelah ijazahku saya trima, aku pun bertemu dengan managerku yaitu kk IIN, setelah berbincang bincang sebentar, aq becanda sama kk iin supaya diajakin jalan2 di kota medan karna saya jarang kemedan dan buta jalannya…hehehee,

kami pergi kerumah kk iin bertepatan tgl 25 Desember 2010 yaitu pas hari natal tiba, aku juga lupa waktu itu ternyata hari natal. sesampainya dirumah kk iin, kami istirahat sejenak, dan adiknya kk iin ada dirumah bersama anaknya.

kami makan diluar, kk iin yg bayarin, tiba tiba kk iin mengajak aku supaya cari kerja dimedan dan tinggal dirumah, dengan hanya pakaian 1 stel yg lengket dibadan, aku mengiyakan ajakannya, dan smpai november 2012 aq berada dirumahnya.

Banyak kisah yg ku lalui slama itu, muai dari yg tidak punya uang, dari sampai skrg bisa menghidupi diri sendiri tanpa membebani org lain.

Januari atau Februari aq mulai mencari cari kerja, awalnya aq kerja di Restoran seafood dimedan, kerjanya mulai jam 10 pagi sampai jam 10 malam, capekknya saat itu, gaji hanya 600.000 kalau tdk salah. beberapa hari  kerja, aq gak betah karna memang capek dan sgt menguras tenaga dan ongkos juga.

setelah itu aq bekerja di Carefour Medan Fair, disana sebagai kasir, bnyak tantangannya karna jika kita lalai maka tombokan alias kehilangan uang pun semakin bnyak, gaji cuman 30.000/hari, makan sih ditanggung 1 kali, disana aq menyadari ternyata sangat sulit untuk mencaari akan, bnyak anak anak seumuranku yg bekerja disana, sebagai SPG, SPM bagi lelaki, Cleaning Service, Kasir, Satpam, dan bnyak pekerja2 lainnnya, disana,,,aq hanya 3 bulan kerja aja krna memang gak sperti itu pekerjaan yg aku mau, tapi demi batu loncatan, saya terima walaupun berat…disini, aq sempat kehabisan uang,,utk ongkosku dan makan, salah satu sifatku adalah: aku gak pernah meminta uang kepada org lain walaupun aq lagi butuh, setelah 3 bln berlalu aq keluar dan gajipun belum sempat ditrima karna sistem penggajian disana pakai ATM.

setelah keluar dari Carefour, aku lanjut bekerja di ASRI TRAVEL, gajinya cuman 650.000 klo gak salah, sedikit tapi tak masalah buatku…beberapa bulan kemudian aq resign karna semua gak ckup dan tempat itu tidak bisa mendukung aq untuk jenjang selaanjutnya, tai walaupun begitu, aq sangat syg sama boss q yg disana, orgnya baik, puya motivasi tinggi, aq suka dgn semangatnya utk membimbing anak2 skolah itu…hmmmmm jadi kangen suasana asri travel..aku kangen saat aq suka diam diam tiur siang di sofa, hehehhee, kangen anak2 pkl q, ada yuci, ada tya dan ada 1 lagi, lupa namanya…hehhehehee

setelah dari asri travel, aq sempat menjadi pengangguran tapi tdk sampai sebulan, aq ditrima di family travel sampai sekarng mulai dari agustus 2011 sampai sekarg desember 2012, dan setelah aq bekerja disini, aq memberanikan diri untuk melanjutkan kuliahku dimedan yaitu di salah satu jurusan komputer yaitu Stmik Budidarma.

aq sudah semester 3 saat ini, dan saat ini juga sudah tidak tinggal dengan kk iin, aq syang dia, dia sangat baik kepadaku, slama 2 tahun aq berada dirumahnya secara cuma-cuma,, berat sih rasanya tapi saya berpikir, sudah terlalu lama aku merepotkan org lain demi diriku sendiri,

saat ini aq mencoba untuk menjalani hariku dgn apa adanya, dengan hasil sendiri tanpa merepotkan org lain, aq ingin agar tak seorg pun menghinaku dgn kemiskinan ini, wlaupun makan gak makan, yang penting org lain melihat bahwa kita mampu menjlani smua ini…

hmmm,,,,,bnyk kisah yg sudah aq lewati, dan bnyak juga pengalaman2 pahit yg sudah aq alami, semoga kisahku ini menjadi inspiras untuk masa yg akan dtg,

thanks teman, tetap semangat!!!!!!!!!!!

Perjalanan Hidupku


saat saya masih dalam kandungan ibuku, ayah saya sakit parah dan berada dirumah sakit,,keadaan keluarga yg lemah membuat mamaku bingung dgn apa membayar uang rumah sakit,,,hari berganti hari hingga tiba saatnya saya lahir didunia nih,,ayah saya yg sakit sembuh total dari sakitnya,.mungkin ini berkah….

mulai dari sekolah dasar, saya udah bekerja membantu org tua saya, dgn berjualan yg kebetulan rumah tempat tinggal kami dekat sekolah sd..kira2 umur 5 thn, saya udah pengen bgt sekolah, hingga akhirnya saya masuk sekolah kelas 1 barengan sama abg saya, dan pada saat kenaikan kelas 4 sd saya diturunkan lagi menjadi kelas 3 sd karna menurut guru umur saya belum cukup…hehhehehe,,,,,

saat saya sd, saya punya pengalaman yaitu mengumpulkan barang2 bekas ataupu bisa dibilang kata kasarnya “tukang botot” heheheheee, dulu saya dan teman2 sya sering mencari botot, ke sungai, kemana ajja dicari,..setelah terkumpul bnyak, kami akan menjualnya ke agennya,..setelah kami dapt uangnya kami pergi ke kolam detis sari indah untuk berenang,..dulu masih sempat karcis 1000 perak,..bwa duit 3000 ajja udah cukup puas untuk mandi,,1000 ongkos,1000 beli gorengan dan 1000 uang karcis…setelah itu, saya juga pernah merasakan hidup di pasaran dengan menjual bahan bahan dapur tanpa modal, misalnya cabe, bawang, tomat, sayur, jahe, kunyit, dll…saya masih ingat pas sekolah menengah keatas(smp) saya memulai pekerjaan itu, sepulang sekolah, saya akan menunggu angkutan di simpang rambung merah yaitu angkutan PMS(skrg gak ada), lalu saya menumpang, bareng teman2 juga….setelah sampai di pajak parluasan, saya dan teman2 yg lain pergi ketempat dimana barang agen2 yg dari kampung untuk ditimbang barangnya misalnya cabe atau bawang,…dan kalo pada saat itu cabe2 itu berjatuhan, itulah yg kami kutip kutip untuk dijual kembali kepada masyarakat,..pekerjaan yg menyakitkan karna tiap hari kena panas dan debu yg dihirup,..saya bangga, saya bisa mencukupi kebutuhan keluarga, dan org tua saya juga gak kesulitan lagi membeli bahan2 dapurr, dan uang hasil jualanku itu, saya kasih sama mama….begitu la tiap harinya sampai saya kelas 2 smp, dan kelas 3 smp nya saya udah jarang pergi “”memutik cabe”” istilah kami waktu dulu….hehhehehehhee,…pengalaman yg menyenangkan bila diingat,…hehhehehehe

STRUKTUR SISTEM OPERASI


STRUKTUR SISTEM OPERASI

 

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah  penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.

 

  1. STRUKTUR SISTEM OPERASI

Sebuah sistem yang besar dan kompleks seperti sistem operasi modern harus diatur dengan cara membagi task kedalam komponen-komponen kecil agar dapat berfungsi dengan baik dan mudah.

Brikut ini adalah Struktur Sistem Operasi;

  • Struktur Sederhana
  • Sistem Berlapis (layered system)
  • Kernel Mikro
  • Modular (Modules)
  • Mesin Maya( Virtual Machine )
  • Client-Server Model
  • Sistem Berorientasi Objek

 

1. Struktur Sederhana

Sistem operasi sebagai kumpulan prosedur dimana prosedur dapat saling dipanggil oleh prosedur lain di sistem bila diperlukan. Banyak sistem operasi komersial yang tidak terstruktur dengan baik. Kemudian sistem operasi dimulai dari yang terkecil, sederhana dan terbatas lalu berkembang dengan ruang lingkup originalnya. Contoh dari sistem operasi ini adalah MS-DOS dan UNIX. MS-DOS merupakan sistem operasi yang menyediakan fungsional dalam ruang yang sedikit sehingga tidak dibagi menjadi beberapa modul, sedangkan UNIX menggunakan struktur monolitikdimana prosedur dapat saling dipanggil oleh prosedur lain di sistem bila diperlukan dan kernel berisi semua layanan yang disediakan sistem operasi untuk pengguna. Inisialisasi-nya terbatas pada fungsional perangkat keras yang terbagi menjadi dua bagian yaitu kernel dan sistem program. Kernel terbagi menjadi serangkaian interface dan device driver dan menyediakan sistem file, penjadwalan CPU, manajemen memori, dan fungsi-fungsi sistem operasi lainnya melalui system calls.

Kelebihan Struktur Sederhana:

  • Layanan dapat dilakukan sangat cepat karena terdapat di satu ruang alamat.

Kekurangan Struktur Sederhana:

  • Pengujian dan penghilangan kesalahan sulit karena tidak dapat dipisahkan dan dilokalisasi.
  • Sulit dalam menyediakan fasilitas pengamanan.
  • Merupakan pemborosan bila setiap komputer harus menjalankan kernel monolitik sangat besar sementara sebenarnya tidak memerlukan seluruh layanan yang disediakan kernel.
  • Tidak fleksibel.
  • Kesalahan pemograman satu bagian dari kernel menyebabkan matinya seluruh sistem.

 

 

 

Evolusi :

Kebanyakan UNIX sampai saat ini berstruktur monolitik. Meskipun monolitik, yaitu seluruh komponen/subsistem sistem operasi terdapat di satu ruang alamat tetapi secara rancangan adalah berlapis. Rancangan adalah berlapis yaitu secara logik satu komponen/subsistem merupakan lapisan lebih bawah dibanding lainnya dan menyediakan layanan-layanan untuk lapisan-lapisan lebih atas. Komponen-komponen tersebut kemudia dikompilasi dan dikaitkan (di-link) menjadi satu ruang alamat. Untuk mempermudah dalam pengembangan terutama pengujian dan fleksibilitas, kebanyakan UNIX saat ini menggunakan konsep kernel loadable modules,yaitu:

  • Bagian-bagian kernel terpenting berada di memori utama secara tetap.
  • Bagian-bagian esensi lain berupa modul yang dapat ditambahkan ke kernel saat diperlukan dan dicabut begitu tidak digunakan lagi di waktu jalan (run time).

Contoh : UNIX berstruktur monolitik, MS-DOS

 

2. Sistem Berlapis (layered system)

Sistem operasi dibentuk secara hirarki berdasar lapisan-lapisan, dimana lapisan-lapisan bawa memberi layanan lapisan lebih atas. Lapisan yang paling bawah adalah perangkat keras, dan yang paling tinggi adalah user-interface. Sebuah lapisan adalah implementasi dari obyek abstrak yang merupakan enkapsulasi dari data dan operasi yang bisa memanipulasi data tersebut. Struktur berlapis dimaksudkan untuk mengurangi kompleksitas rancangan dan implementasi sistem operasi. Tiap lapisan mempunyai fungsional dan antarmuka masukan-keluaran antara dua lapisan bersebelahan yang terdefinisi bagus.

Sedangkan menurut Tanenbaum dan Woodhull, sistem terlapis terdiri dari enam lapisan, yaitu:

Lapis 5 – The operator

Berfungsi untuk pemakai operator.

Lapis 4 – User programs

Berfungsi untuk aplikasi program pemakai.

Lapis 3 – I/O management

Berfungsi untuk menyederhanakan akses I/O pada level atas.

Lapis 2 -Operator-operator communication

Berfungsi untuk mengatur komunikasi antar proses.

Lapis 1 -Memory and drum management

Berfungsi untuk mengatur alokasi ruang memori atau drum magnetic.

Lapis 0 -Processor allocation and multiprogramming

Berfungsi untuk mengatur alokasi pemroses dan switching, multi programming dan pengaturan prosessor.

Menurut Stallings, model tingkatan sistem operasi yang mengaplikasikan prinsip ini dapat dilihat pada tabel berikut, yang terdiri dari level-level dibawah ini:

  • Level 1

Terdiri dari sirkuit elektronik dimana obyek yang ditangani adalah register memory cell, dan gerbang logika. Operasi pada obyek ini seperti membersihkan register atau membaca lokasi memori.

  • Level 2

Pada level ini adalah set instruksi pada prosesor. Operasinya adalah instruksi bahasa-mesin, seperti menambah, mengurangi, load dan store.

  • Level 3

Tambahan konsep prosedur atau subrutin ditambah operasi call atau return.

  • Level 4

Mengenalkan interupsi yang menyebabkan prosesor harus menyimpan perintah yang baru dijalankan dan memanggil rutin penanganan interupsi. Empat level pertama bukan bagian sistem operasi tetapi bagian perangkat keras. Meski pun demikian beberapa elemen sistem operasi mulai tampil pada level-level ini, seperti rutin penanganan interupsi. Pada level 5, kita mulai masuk kebagian sistem operasi dan konsepnya berhubungan dengan multi-programming.

  • Level 5

Level ini mengenalkan ide proses dalam mengeksekusi program. Kebutuhan-kebutuhan dasar pada sistem operasi untuk mendukung proses ganda termasuk kemampuan men-suspend dan me-resume proses. Hal ini membutuhkan register perangkat keras untuk menyimpan agar eksekusi bisa ditukar antara satu proses ke proses lainnya.

 

 

  • Level 6

Mengatasi penyimpanan sekunder dari komputer. Level ini untuk menjadualkan operasi dan menanggapi permintaan proses dalam melengkapi suatu proses.

  • Level 7

Membuat alamat logik untuk proses. Level ini mengatur alamat virtual ke dalam blok yang bisa dipindahkan antara memori utama dan memori tambahan. Cara-cara yang sering dipakai adalah menggunakan ukuran halaman yang tetap, menggunakan segmen sepanjang variabelnya, dan menggunakan cara keduanya. Ketika blok yang dibutuhkan tidak ada dimemori utama, alamat logis pada level ini meminta transfer dari level 6. Sampai point ini, sistem operasi mengatasi sumber daya dari prosesor tunggal. Mulai level 8, sistem operasi mengatasi obyek eksternal seperti peranti bagian luar, jaringan, dan sisipan komputer kepada jaringan.

Ø  Level 8

Mengatasi komunikasi informasi dan pesan-pesan antar proses. Dimana pada level 5 disediakan mekanisme penanda yang kuno yang memungkinkan untuk sinkronisasi proses, pada level ini mengatasi pembagian informasi yang lebih banyak. Salah satu peranti yang paling sesuai adalah pipe (pipa) yang menerima output suatu proses dan memberi input ke proses lain.

  • Level 9

Mendukung penyimpanan jangka panjang yang disebut dengan berkas. Pada level ini, data dari penyimpanan sekunder ditampilkan pada tingkat abstrak, panjang variabel yang terpisah. Hal nini bertentangan tampilan yang berorientasikan perangkat keras dari penyimpanan sekunder.

  • Level 10

Menyediakan akses ke peranti eksternal menggunakan antarmuka standar.

  • Level 11

Bertanggung-jawab mempertahankan hubungan antara internal dan eksternal identifier dari sumber daya dan obyek sistem. Eksternal identifier adalah nama yang bisa dimanfaatkan oleh aplikasi atau pengguna. Internal identifier adalah alamat atau indikasi lain yang bisa digunakan oleh level yang lebih rendah untuk meletakkan dan mengontrol obyek.

  • Level 12

Menyediakan suatu fasilitator yang penuh tampilan untuk mendukung proses. Hal ini merupakan lanjutan dari yang telah disediakan pada level 5. Pada level 12, semua info yang dibutuhkan untuk managemen proses dengan berurutan disediakan, termasuk alamat virtual di proses, daftar obyek dan proses yang berinteraksi dengan proses tersebut serta batasan interaksi tersebut, parameter yang harus dipenuhi proses saat pembentukan, dan karakteristik lain yang mungkin digunakan sistem operasi untuk mengontrol proses.

  • Level 13

Menyediakan antarmuka dari sistem operasi dengan pengguna yang dianggap sebagai shell atau dinding karena memisahkan pengguna dengan sistem operasi dan menampilkan sistem operasi dengan sederhana sebagai kumpulan servis atau pelayanan.

Dari ketiga sumber diatas dapat kita simpulkan bahwa lapisan sistem operasi secara umum terdiri atas 4 bagian, yaitu:

  1. Perangkat keras

Lebih berhubungan kepada perancang sistem. Lapisan ini mencakup lapisan 0 dan 1 menurut Tanenbaum, dan level 1 sampai dengan level 4 menurut Stallings.

  1. Sistem operasi

Lebih berhubungan kepada programer. Lapisan ini mencakup lapisan 2 menurut Tanenbaum, dan level 5 sampai dengan level 7 menurut Stallings.

  1. Kelengkapan

Lebih berhubungan kepada programer. Lapisan ini mencakup lapisan 3 menurut Tanenbaum, dan level 8 sampai dengan level 11 menurut Stallings.

  1. Program aplikasi

Lebih berhubungan kepada pengguna aplikasi komputer. Lapisan ini mencakup lapisan 4 dan lapisan 5 menurut Tanebaum, dan level 12 dan level 13 menurut Stallings.

Lapisan n memberi layanan untuk lapisan n+1. Proses-proses di lapisan n dapat meminta layanan lapisan n-1 untuk membangunan layanan bagi lapisan n+1. Lapisan n dapat meminta layanan lapisan n-1. Kebalikan tidak dapat, lapisan n tidak dapat meminta layanan n+1. Masing-masing berjalan di ruang alamat-nya sendiri. Kelanjutan sistem berlapis adalah sistem berstruktur cincin seperti sistem MULTICS. Sistem MULTICS terdiri 64 lapisan cincin dimana satu lapisan berkewenangan berbeda. Lapisan n-1 mempunyai kewenangan lebih dibanding lapisan n. Untuk meminta layanan lapisan n-1, lapisan n melakukan trap. Kemudian, lapisan n-1 mengambil kendali sepenuhnya untuk melayani lapisan n.

Kelebihan Sistem Berlapis (layered system):

  • Memiliki rancangan modular, yaitu sistem dibagi menjadi beberapa modul & tiap modul dirancang secara independen.
  • Pendekatan berlapis menyederhanakan rancangan, spesifikasi dan implementasi sistem operasi.

Kekurangan Sistem Berlapis (layered system):

  • Fungsi-fungsi sistem operasi diberikan ke tiap lapisan secara hati-hati.

Contoh: Sistem operasi yang menggunakan pendekatan berlapis adalah THE yang dibuat oleh Djikstra dan mahasiswa-mahasiswanya, serta sistem operasi MULTICS.

 

3. Kernel Mikro

Metode struktur ini adalah menghilangkan komponen-komponen yang tidak diperlukan dari kernel dan mengimplementasikannya sebagai sistem dan program-program level user. Hal ini akan menghasilkan kernel yang kecil. Fungsi utama dari jenis ini adalah menyediakan fasilitas komunikasi antara program client dan bermacam pelayanan yang berjalan pada ruang user.

Kelebihan Kernel Mikro:

  • kemudahan dalam memperluas sistem operasi
  • mudah untuk diubah ke bentuk arsitektur baru
  • kode yang kecil dan lebih aman

Kekurangan Kernel Mikro:

  • kinerja akan berkurang selagi bertambahnya fungsi-fungsi yang digunakan.

Contoh: sistem operasi yang menggunakan metode ini adalah TRU64 UNIX, MacOSX dan QNX.

 

 

 

4. Modular (Modules)

Kernel mempunyai kumpulan komponen-komponen inti dan secara dinamis terhubung pada penambahan layanan selama waktu boot atau waktu berjalan. Sehingga strateginya menggunakan pemanggilan modul secara dinamis (Loadable Kernel Modules). Umumnya sudah diimplementasikan oleh sistem operasi modern seperti Solaris, Linux dan MacOSX.

Sistem Operasi Apple Macintosh Mac OS X menggunakan strukturhybrid. Strukturnya menggunakan teknik berlapis dan satu lapisan diantaranya menggunakan Mach microkernel.

 

5. Mesin Maya( Virtual Machine )

Mesin maya mempunyai sistem timesharing yang berfungsi untuk ,menyediakan kemampuan untuk multiprogramming dan perluasan mesin dengan antarmuka yang lebih mudah.

Struktur Mesin maya ( CP/CMS, VM/370 ) terdiri atas komponen dasar utama :

  • Control Program, yaitu virtual machine monitor yang mengatur fungsi ari prosessor, memori dan piranti I/O. Komponen ini berhubungan langsung dengan perangkat keras.
  • Conventional Monitor System, yaitu sistem operasi sederhanayang mengatur fungsi dari proses, pengelolaan informasi dan pengelolaan piranti.

Kelebihan Mesin Maya( Virtual Machine ):

  • Konsep mesin virtual menyediakan proteksi yang lengkap untuk sumber daya system sehingga masing-masing mesin virtual dipisahkan mesin virtual yang lain. Isolasi ini tidak memperbolehkan pembagian sumber daya secara langsung.
  • Sistem mesin virtual adalah mesin yang sempurna untuk riset dan pengembangan system operasi. Pengembangan system dikerjakan pada mesin virtual, termasuk di dalamnya mesin fisik dan tidak mengganggu operasi system yang normal.

Kekurangan Mesin Maya( Virtual Machine ):

  • Konsep mesin virtual sangat sulit untuk mengimplementasikan kebutuhan dan duplikasi yang tepat pada mesin yang sebenarnya.

 

 

Contoh:

  • Sistem operasi MS-Windows NT dapat menjalankan aplikasi untuk MS-DOS, OS/2 mode teks dan aplikasi WIN16.
  • IBM mengembangkan WABI untuk meng-emulasikan Win32 API sehingga sistem operasi yang menjalankan WABI dapat menjalankan aplikasi-aplikasi untuk MS-Windows.
  • Para pengembang Linux membuat DOSEMU untuk menjalankan aplikas-aplikasi DOS pada sistem operasi Linux, WINE untuk menjalankan aplikasi-aplikasi MS-Windows.
  • VMWare merupakan aplikasi komersial yang meng-abstraksikan perangkat keras intel 80×86 menjadi virtual mesin dan dapat menjalan beberapa sistem operasi lain (guest operating system) di dalam sistem operasi MS-Windos atau Linux (host operating system). VirtualBoxmerupakan salah satu aplikasi sejenis yang opensource.

 

6. Client-Server Model

Mengimplementasikan sebagian besar fungsi sistem operasi pada mode pengguna (user mode). Sistem operasi merupakan kumpulan proses dengan proses-proses dikategorikan sebagai server dan client, yaitu :

Server, adalah proses yang menyediakan layanan.

Client, adalah proses yang memerlukan/meminta layanan.

Proses client yang memerlukan layanan mengirim pesan ke server dan menanti pesan jawaban. Proses server setelah melakukan tugas yang diminta, mengirim hasil dalam bentuk pesan jawaban ke proses client. Server hanya menanggapi permintaan client dan tidak memulai dengan percakapan client. Kode dapat diangkat ke level tinggi, sehingga kernel dibuat sekecil mungkin dan semua tugas diangkat ke bagian proses pemaka. Kernel hanya mengatur komunikasi antara client dan server. Kernel yang ini popular dengan sebutan mikrokernel.

Kelebihan Client-Server Model:

  • Pengembangan dapat dilakukan secara modular.
  • Kesalahan (bugs) di satu subsistem (diimplementasikan sebagai satu proses) tidak merusak subsistem-subsistem lain, sehingga tidak mengakibatkan satu sistem mati secara keseluruhan.
  • Mudah diadaptasi untuk sistem tersebar.

Kekurangan Client-Server Model:

  • Layanan dilakukan lambat karena harus melalui pertukaran pesan.
  • Pertukaran pesan dapat menjadi bottleneck.
  • Tidak semua tugas dapat dijalankan di tingkat pemakai (sebagai proses pemakai).

 

7. Sistem Berorientasi Objek

Sisten operasi merealisasikan layanan sebagai kumpulan proses disebut sistem operasi bermodel proses. Pendekatan lain implementasi layanan adalah sebagai objek-objek. Sistem operasu yang distrukturkan menggunakan objek disebut sistem operasi berorientasi objek. Pendekatan ini dimaksudkan untuk mengadopsi keunggulan teknologi berorientasi objek. Pada sistem yang berorientasi objek, layanan diimplementasikan sebagai kumpulan objek. Objek mengkapsulkan struktur data dan sekumpulan operasi pada struktur data itu. Tiap objek diberi tipe yang menandadi properti objek seperti proses, direktori, berkas, dan sebagainya. Dengan memanggil operasi yang didefinisikan di objek, data yang dikapsulkan dapat diakses dan dimodifikasi. Model ini sungguh terstruktur dan memisahkan antara layanan yang disediakan dan implementasinya. Sistem operasi MS Windows NT telah mengadopsi beberapa teknologi berorientasi objek tetapi belum keseluruhan.

Kelebihan Sistem Berorientasi Objek:

  • Terstruktur dan memisahkan antara layanan yang disediakan dan implementasinya.

Kekurangan Sistem Berorientasi Objek:

  • Sistem operasi MS Windows NT telah mengadopsi beberapa teknologi berorientasi objek tetapi belum keseluruhan.

Contoh sistem operasi yang berorientasi objek, antara lain : eden, choices, x-kernel, medusa, clouds, amoeba, muse, dan sebagainya.